10 Hal Penting yang Wajib Kamu Cek pada Mobil Sebelum Dipakai Liburan

Oktober 21, 2019
Cek mobil sebelum digunakan
Sumber: pinterest.com
Saat waktu liburan telah tiba biasanya sebagian dari kita sudah menyiapkan jadwal liburan bersama keluarga, kekasih atau kerabat dekatnya. Agar liburan terasa nyaman dan seru untuk dilakukan, tentunya kita harus menyiapkan segala keperluan berlibur dengan matang. Entah itu barang-barang bawaan, tiket hotel, tiket pesawat ataupun tiket kereta. Namun, liburan tidak harus melulu menggunakan kereta atau pesawat. Liburan dengan mobil pribadi juga bisa kamu lakukan dan pastinya tidak kalah serunya. 

Dengan menggunakan mobil pribadi untuk liburan, maka kamu akan bebas mengatur dimana dan kapan saja saat ingin beristirahat ataupun sekedar mengunjungi tempat-tempat yang menurutmu menarik di sepanjang perjalanan. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang seru dan tak terlupakan, apalagi jika berlibur bersama keluarga. Sebelum berangkat untuk liburan, tentu kamu harus memeriksa barang bawaan yang akan dibawa agar liburan kamu berjalan dengan lancar. Selain persiapan fisik pada si pengemudi, ada juga beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan, yakni mengecek kondisi mobil agar lebih aman dan nyaman saat di perjalanan. Berikut 10 hal penting yang harus kamu cek. 

1. Air Radiator 

Air Radiator
Sumber: pinterest.com
Hal pertama yang perlu kamu cek tentu saja air radiator. Pastikan jika air radiator pada mobil dalam keadaan sudah terisi penuh serta air reservoir nya telah mencapai batas level. Setelah itu periksa juga kondisi selang penghubung reservoir dan selang radiatornya. Jika selang radiator atau selang reservoir nya dalam kondisi retak atau menggelembung, maka segeralah ganti agar selang tidak pecah saat di perjalanan. Selain itu, sambungan selang ke radiator dan mesin nya juga harus cukup kencang dan tidak bocor. 

2. Putaran Kipas Pendingin  

Putaran Kipas Pendingin
Sumber: pinterest.com
Jika kipas diputar dengan belt, maka segeralah periksa kondisi pada fisik belt. Namun, Jika belt dalam keadaan retak-retak segeralah ganti. Periksa juga ketegangan tension pada belt sehingga putaran kipas bisa optimal. Untuk mengetahui apakah pendingin mesin mobil dengan kipas mesin berjalan secara optimal atau tidak yaitu dengan memperhatikan jarum pointer pada penunjuk temperature. Apabila garis tengah melebihi batas berarti mesin tersebut cukup panas tapi masih aman. Namun jika lebih setengah disarankan berhenti sejenak dan tunggu mesin mobil dingin setelah itu periksa kondisi kipas dan air pendingin. 

3. Kondisi Selang Bensin dan Filter

Kondisi Selang Bensin dan Filter
Sumber: pinterest.com
Periksa selang bahan bakar mobil untuk menghindari kebocoran atau keretakan. Tak hanya itu, kamu juga perlu mengecek filter bensin tidak dalam kondisi tersumbat. Terutama untuk kamu yang sering melakukan servis mobil secara rutin, biasanya filter bensin dalam keadaan bersih. Namun tak ada salahnya juga jika kamu tetap mengeceknya. 

4. Oli Mesin

Oli mesin
Sumber: pinterest.com
Pastikan jika oli mesin mempunyai volume yang cukup. Untuk mengetahui volume oli mesin cukup adalah dengan mengecek level oli stik. Jadi level oli harus ada di bagian garis tanda L dan F. Serta level oli harus berada di bawah garis tanda F sedikit. Jika oli mesin kurang, kamu bisa menambahkan secukupnya. Dan pastikan oli mesin mobil kamu cukup pada jarak yang akan ditempuh.

Baca juga: 5 Keunggulan Memiliki Mobil Hatchback dari Toyota

5. Baterai

Baterai
Sumber: pinterest.com
Kamu juga perlu mengecek kondisi baut kutub aki dan membersihkan kutub aki jika ada kotoran dan kerak yang menempel. Pastikan juga air aki mencapai level maksimal. Jika kurang, maka tambahkan air aki dengan aki murni. Agar kualitas aki mobil bisa terjaga dengan baik, hindari pengisian air aki menggunakan air zuur.

6. Timing Belt

Timing Belt
Sumber: pinterest.com
Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mengecek timing beltnya. Lakukan lah pergantian pada timing belt pada indikator di kilometer speedometer. Apabila timing belt sudah digunakan dengan jarak tempuh 50.000 kilometer, disarankan untuk mengganti timing belt dengan yang baru. Ya, walaupun timing belt tidak dalam kondisi rusak. 

7. Ban

Ban
Sumber: pinterest.com
Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik secara tekanan dan fisiknya juga. Normalnya, tekanan ban mobil sekitar 30 hingga 34 psi. Hal ini berguna untuk menghindari ban pecah secara tiba-tiba saat diperjalanan. Selain itu, ban yang stabil juga bisa membantu kamu dalam menghemat bahan bakar. 

8. Wipper

Wipper
Sumber: pinterest.com
Ini sangat membantu kamu dalam berkendara di cuaca yang sedang hujan. Pastikan jika wiper kaca mobil kamu bisa berfungsi dengan baik dan normal. Jika merasa ada yang kurang dalam pemeriksaan, ada baiknya kamu membawa mobil ke bengkel otomotif langganan atau resmi. 

9. Rem 

Rem
Sumber: pinterest.com
Berikutnya, cobalah cek level pada minyak rem. Apabila kurang dari segi batas level minimal, maka kamu harus mengeceknya karena memungkinkan terjadi kebocoran. Lalu pastikan sistem rem mobil apakah ada kebocoran atau tidak. Selain itu, pastikan juga bahwa sistem rem bisa bekerja dengan optimal.

10. Lampu

Lampu
Sumber: pinterest.com
Terakhir, periksa secara keseluruhan kondisi lampu pada mobil. Pastikan juga semua lampu bisa menyala dan berfungsi dengan baik. Jika terdapat lampu yang tidak berfungsi, ada baiknya segera diganti dengan lampu baru. Hal ini sangat penting karena membantu kamu dalam berkendara di malam hari.

Nah, itulah sepuluh hal penting yang harus kamu cek pada mobil sebelum dipakai liburan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi banyak orang. 
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar