Tips dan Trik Berbelanja Online dengan Aman dan Nyaman

November 07, 2019
Bebas Ongkir Tokopedia

Semakin maraknya kehadiran toko online membuat aktivitas belanja online juga semakin digemari. Semua marsyarakat dari berbagai kalangan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk beranjak dari satu marketplace ke marketplace lainnya untuk mencari promo menarik, salah satunya seperti promo Bebas Ongkir Tokopedia yang jarang ditemukan di marketplace lain.

Dengan belanja online, kamu memang bisa dengan mudah membeli barang, membandingkan harga, hingga mencari kualitas terbaik. Walau demikian, sama halnya seperti aktivitas dunia maya lain bahwasanya belanja online juga tak lantas bebas risiko.

Tidak ada yang tahu apakah transaksi dan interaksi online yang kamu lakukan memang benar-benar aman. Agar kamu bisa berbelanja dengan aman dan nyaman, ini tips-tips yang bisa dilakukan:

Pastikan online shop dapat dipercaya
Testimoni dan review yang baik dari pembeli yang komen di situs online shop tersebut bisa menjadi ukuran apakah online shop itu baik atau tidak. Review tersebut dapat diperoleh dengan bantuan Google yang biasanya merujuk pada forum-forum diskusi belanja online atau media social lainnya.

Cermat kebijakan yang di situs tempat belanja
Terkadang kita mengabaikan untuk membaca syarat dan ketentuan yang ada di situs online shop. Padahal ini sangat berguna jika terjadi sesuatu hal yang di luar dugaan. Misalnya ternyata barang yang diterima cacat, bagaimana cara mengembalikannya dan ongkos kirim dibebankan kepada siapa.

Waspada pada barang sangat murah
Harus diakui banyak sekali sekali penawaran barang bermerk murah di toko online. Hati-hati, jangan mudah termakan rayuan toko online semacam ini. Beberapa hal yang perlu kita perhatikan adalah jangan sampai penawaran tersebut menjadikan kita terburu-buru melakukan transaksi dan memberikan data pribadi, misalnya email, password, nomor kartu kredit. cermati barang bermerk yang ditawarkan dan lakukan survei harga barang yang hendak dibeli.

Amati deskripsi produk yang akan dibeli
Sebelum memutuskan untuk membeli satu produk, pastikan kamu membaca informasi atau deskripsi terkait produk tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai produk tersebut tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jika ada yang kurang jelas, kamu bisa menghubungi penjual bersangkutan untuk mengetahui lebih detail tentang produk yang ingin kamu beli.

Membayar dengan Mobile Payment di Smartphone
Membayar belanjaan online melalui smartphone kini memang sudah umum dilakukan. Bahkan, pembayaran melalui smartphone juga disebut-sebut lebih aman ketimbang pembayaran menggunakan kartu kredit. Biasanya, pembayaran belanja online menggunakan mobile payment dilakukan dengan mengirimkan sebuah kode otentikasi yang harus digunakan untuk meresmikan pembayaran yang akan dilakukan.

Simpan bukti transaksi
Biasanya, Online shop yang baik akan memberikan bukti transaksi melalui email. Sebelum barang yang dibeli diterima, maka sebaiknya semua bukti transaksi berupa email pemesanan ataupun bukti pembayaran tetap disimpan.
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar