5 Cara Kreatif Membuat Kartu Lebaran Sendiri

Rabu, April 08, 2020
Kartu Lebaran

Dewasa ini, kecanggihan teknologi membuat orang menyukai hal-hal yang praktis dan tidak ribet. Dalam menyerahkan parcel atau amplop lebaran pada orang lain, Anda bisa memberikan kartu ucapan secara langsung. Tak hanya ucapan selamat hari raya idul fitri, kartu ucapan lebaran yang unik bisa memberikan kesan bagi penerima. Kartu ucapan lebaran digital bisa Anda bagikan pada teman-teman jarak jauh, sedangkan kartu ucapan lebaran 2020 kreasi sendiri untuk keluarga dan saudara saat silaturahmi. Menarik, bukan?

Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan saat ingin menciptakan desain kartu undangan yang menarik antara lain:

1. Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan 

Memang Anda wajib meluangkan waktu untuk membuat kartu ucapan lebaran yang unik. Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah alat dan bahan yang dibutuhkan seperti kertas origami, karton, alat tulis, lem, dan gunting. Kalau Anda mau menambahkan hiasan pada kartu ucapan, bisa membeli pita atau aksesoris pendukung lain. 

2. Mencari ide atau referensi desain

Mau membuat desain kartu ucapan 2D atau 3D, Anda bisa menyesuaikan kartu ucapan lebaran 2020 sesuai dengan selera. Namun, alangkah baiknya untuk membuat desain kartu ucapan lebaran sesuai untuk penerima kartu tersebut. Mungkin Anda bisa membuat desain kartu yang lebih simpel untuk penerima lanjut usia seperti kakek dan nenek. 

3. Pastikan teknik membuat kartu benar dan teliti 

Orang yang kreatif dan menyukai pekerjaan hasta karya, pasti memiliki ketelitian tinggi dalam membuat kartu undangan yang artistik. Anda bisa membuat kartu ucapan dengan teknik yang benar sesuai bentuk yang diinginkan. Gunting setiap desain kartu secara teliti agar hasil bisa memuaskan. 

4. Menyiapkan tulisan yang menarik 

Bagaimana tips memilih kata-kata menarik yang akan Anda tuangkan dalam kartu ucapan lebaran? Memang Anda tidak perlu menguasai EBI dengan baik hanya untuk menuliskan kata-kata lebaran. Namun, Anda harus tahu basic atau standar penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Tergantung dengan keinginan Anda sebagai pengirim kartu ucapan lebaran, Anda bisa menuliskan kalimat berupa puisi, pantun, tulisan romantis, dan lain-lain. Mau menambahkan ayat Al-Qur’an agar bisa memberikan pesan dan kesan lebih mendalam, sah-sah saja. 

5. Menambahkan hiasan yang menarik 

Langkah terakhir dalam membuat kartu ucapan lebaran adalah menambahkan hiasan yang menarik. Agar kartu ucapan kreasi Anda sendiri lebih mampu memberikan kesan pada penerima, Anda harus menambahkan hiasan sesuai model atau konsep desain kartu ucapan. 

Misalnya Anda menambahkan pita atau manik-manik yang lucu di bagian eksterior luar, menambahkan gambar atau kaligrafi Al-Qur’an di dalam kartu ucapan selain kata-kata selamat lebaran, dan lain-lain. Pastikan saja Anda menggunakan hiasan yang tidak berlebihan atau dominasi warna kartu dan hiasan bisa selaras. 


Hal terakhir yang tidak boleh dilewatkan dalam membuat kartu ucapan lebaran sendiri adalah memastikan nama penerima tertera pada bagian luar kartu. Anda bisa menampilkan model sticky notes yang akan memberi kesan eksklusif pada penerima kartu tersebut. Tak hanya silaturahmi saja, Idul Fitri bisa memberikan kesan yang semarak dan meningkatkan tali persaudaraan sesama umat muslim. Momen kumpul keluarga akan semakin bermakna saat Anda memberikan kartu manual. 

Kalau Anda tidak punya waktu untuk membuat kartu ucapan sendiri, bisa mempertimbangkan beli kartu ucapan lebaran 2020 yang sudah jadi. Pastikan Anda membeli kartu ucapan yang unik dan menarik agar bisa memberi kesan berbeda. Sekarang tinggal tentukan parcel lebaran dan amplop yang akan ikut diberikan bersama kartu ucapan lebaran, ya!
Kategori: ,

0 komentar:

Posting Komentar