Persentase Lemak Tubuh Normal atau Tidak? Begini Cara Hitungnya!


Meskipun sering dianggap “jahat”, sebenarnya lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi secara normal, lho! Hanya saja, lemak tubuh bermanfaat hanya selama persentase atau jumlahnya normal. Dan untuk mengetahui berapa persentase lemak tubuh, Anda butuh alat seperti alat pengukur lemak tubuh Omron.

Persentase Lemak Tubuh Normal

Lantas, mengapa tubuh membutuhkan lemak, ya? Secara garis besar, tubuh membutuhkan lemak untuk mengatur proses produksi berbagai hormon penting, dan membantu proses penyerapan beberapa jenis vitamin.

Hanya saja, tentu menumpuk lemak dalam jumlah banyak di dalam tubuh sama sekali tidak sehat. Lantas, berapa kadar atau persentase lemak tubuh yang normal, ya? Untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut, simak rentang lemak tubuh normal berdasarkan American College Sports Medicine, seperti yang dilansir dari Hellosehat.

  • Pria: 10 s.d 22 persen.
  • Wanita: 20 s.d 32 persen.
Akan tetapi, acuan di atas rupanya tidaklah cukup. Sebab, persentase lemak tubuh normal juga bergantung pada seberapa aktif tubuh setiap harinya. Apabila Anda makin sering melakukan aktivitas fisik, makin sedikit jumlah lemak di dalam tubuh. Makanya para atlet pasti memiliki jumlah lebih lebih kecil daripada orang yang tubuhnya tidak seaktif mereka, misalnya orang yang hanya berolahraga seminggu sekali.

Kalau begitu, jika mengacu pada aktivitas fisik yang dilakukan, persentase lemak tubuh yang normal adalah:

  • Atlet: 14 s.d 20 persen untuk wanita, dan 6 s.d 13 persen untuk pria.
  • Bukan atlet, namun rutin berolahraga: 21 s.d 24 persen untuk wanita, dan 14 s.d 17 persen untuk pria.
  • Orang yang jarang berolahraga: 25 s.d 31 persen untuk wanita, dan 18 s.d 25 persen pada pria.
Kadar atau persentase lemak di dalam tubuh juga punya kaitan erat dengan status gizi seseorang. Jika persentasenya di atas angka normal, hal tersebut menandakan obesitas, alias kondisi berat badan berlebih. Dan seperti yang tentu sudah Anda ketahui, obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit kronis.

Bagaimana Cara Hitung Persentase Lemak Tubuh

Untuk mengetahui berapa kadar atau persentase lemak tubuh, Anda bisa lakukan berbagai tes khusus. Salah satunya adalah tes yang dilakukan menggunakan body fat scanner atau alat pengukur lemak tubuh. 

Di samping menggunakan alat, Anda juga bisa menghitung persentase lemak tubuh dengan rumus. Hanya saja, Anda perlu mengetahui berapa IMT alias indeks massa tubuh Anda terlebih dahulu. Kemudian, gunakan rumus berikut ini:

  • Pria = (1,20 x IMT) + (0,23 x umur) - 10,8 - 5,4
  • Wanita = (1,20 x IMT) + (0,23 x umur) - 5,4
Rumus tersebut memang hanya menghasilkan angka prediksi. Meski begitu, rumus tersebut tetap sangat praktis dan bermanfaat untuk membantu Anda menghitung persentase lemak tubuh.

Posting Komentar

0 Komentar