5 Penyebab AC Cepat Rusak yang Harus Anda Ketahui

Rabu, Juli 21, 2021
5 Penyebab AC Cepat Rusak yang Harus Anda Ketahui

Penggunaan AC di rumah merupakan hal yang lumrah, apalagi Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas. Menyalakan AC pada saat musim kemarau akan membantu Anda bisa beraktivitas lebih produktif dan istirahat lebih tenang. Pemakaian AC bisa bertahan hingga bertahun-tahun asal Anda melakukan perawatan dengan baik. Panggil jasa service AC Jakarta Selatan mendukung perawatan berkala agar AC tidak mudah rusak, ya!

Penyebab utama AC mudah rusak 

AC yang baru saja Anda beli mudah rusak, padahal pembelian dan pemakaian baru berbulan-bulan saja. Kenapa, ya? Kemungkinan kebiasaan pemakaian AC bisa menyebabkan kerusakan ini. Berikut beberapa faktor penyebab AC mudah rusak yang harus Anda ketahui yaitu :

1. Tidak mengganti filter AC

Anda harus rutin melakukan penggantian filter AC setidaknya 1-3 bulan sekali agar AC bisa hidup lebih lama. Pasalnya, filter yang tidak diganti akan membuat penumpukan kotoran dan debu sehingga mesin AC bekerja lebih keras yang bisa membuat potensi AC overheat.

2. Menyembunyikan sistem HVAC AC

Meskipun HVAC yang dipasang di ruang yang terbuka agak merusak pemandangan, tetapi Anda perlu memastikan tidak ada tanaman atau semak yang menghalangi ventilasi udara. Penyumbatan sistem dengan letak sistem HVAC AC bisa mengakibatkan keausan, lho!

3. Penggunaan yang terus menerus

Jangan suka memakai AC terus menerus bila Anda tidak di rumah atau bepergian. Pasalnya, penggunaan AC yang terus menerus akan membuat mesin AC mudah rusak. Toh, dewasa ini Anda bisa membeli produk AC yang bisa diakses dengan WiFi di ponsel sehingga tidak ada alasan Anda tidak mematikan AC saat keluar rumah. Bila ada masalah dengan AC Anda, maka panggil jasa pasang AC Jakarta Selatan.

4. Berada dekat dengan peralatan elektronik

Pastikan Anda memasang AC di tempat yang lebih tinggi dan aman dari jangkauan. AC bisa mudah rusak bila Anda meletakkan peralatan elektronik seperti televisi, lampu atau benda elektronik lain dekat dengan termostat.

5. Tidak melakukan service secara rutin

AC harus Anda service secara berkala demi memastikan semua komponen AC bisa bekerja secara optimal. Jangan lupa untuk rajin membersihkan bagian-bagian dalam AC  agar produktivitas agar filter tidak tersumbat kotoran. Bila ada komponen yang tidak berfungsi, segera ganti komponen dengan produk yang orisinal.

Dari beberapa faktor penyebab yang bisa membuat AC mudah rusak di atas, apakah Anda sering melakukan kebiasaan buruk tersebut? Jangan lupa untuk menyetel suhu AC Anda sesuai dengan kondisi suhu alami di sekitar. Bila musim kemarau tiba, ada baiknya Anda menyetel suhu AC lebih tinggi sebab suhu yang terlalu rendah bisa mengakibatkan mesin AC mudah rusak. Jangan lupa untuk melakukan service berkala dengan memanggil jasa service AC Jakarta Selatan yang profesional. 

0 comments:

Posting Komentar