5 Cara Tepat Merawat Mobil Agya Matic

Sabtu, Agustus 28, 2021
5 Cara Tepat Merawat Mobil Agya Matic

Mobil transmisi otomatis saat ini semakin banyak diminati. Selain mudah untuk digunakan, tipe mobil ini juga dinilai lebih nyaman untuk dipakai sehari-hari. Salah satu pilihan tipe mobil transmisi otomatis yang bisa dijadikan andalan adalah Toyota Agya matic. Jenis mobil ini akan memberikan kenyamanan berkendara selama perawatannya tepat.

Merawat Mobil Matic

Langkah perawatan yang tepat pada mobil akan membantu menjaga performa mobil tetap baik dan bisa terus digunakan dengan nyaman. Pada dasarnya perawatan mobil transmisi otomatis ini tidak jauh berbeda dari mobil transmisi manual. Berikut adalah 5 cara tepat perawatan mobil dengan transmisi otomatis:

1. Ganti Oli Berkala

Langkah perawatan setiap jenis mobil pada dasarnya dimulai dari penggantian oli yang dilakukan secara berkala. Penting sekali untuk rutin mengganti oli sesuai jadwalnya. Jika oli diganti secara rutin maka performanya dalam melumasi mesin akan tetap bagus. Hal ini pun secara tidak langsung akan ikut meningkatkan performa kualitas mesin Anda.

Tentu tidak hanya oli mesin yang harus diganti secara rutin, tetapi juga oli transmisi. Kekuatan mobil matic itu sendiri terletak pada sistem transmisi yang dimiliki. Jika ingin sistem transmisinya selalu bekerja optimal maka pemantauan oli sangatlah penting. Oli transmisi biasanya harus diganti ketika jarak tempuh sudah mencapai minimal 25.000 km dan maksimal 50.000 km. 

2. Periksa Kondisi Aki

Komponen vital pada mobil dengan transmisi otomatis adalah aki. Selalu periksa kondisi aki secara rutin karena spare part ini berperan penting pada mobil Anda. Disebutkan bahwa beberapa bintik putih residu pada aki bisa menyebabkan mesin mobil akan kesulitan untuk menyala. Oleh sebab itu disarankan untuk melakukan pemeriksaan visual secara rutin.

3. Pantau Volume Minyak Rem

Selain aki, komponen penting lainnya yang ada pada mobil matic adalah minyak rem. Sangatlah penting untuk melakukan pemantauan volume minyak rem secara rutin. Perlu dicatat bahwa kerja rem pada mobil Agya dengan transmisi otomatis biasanya lebih berat dari tipe mobil dengan transmisi. Oleh sebab itu dibutuhkan pemantauan yang lebih ketat pada komponen ini.

Pemeriksaan volume rem harus dilakukan rutin. Perlu diperiksa apakah batas bawah volume rem sudah sesuai atau belum. Jika volume rem ternyata mencapai batas bawah maka segera lakukan penambahan. Hal ini dilakukan untuk memastikan kinerja rem tetap berjalan secara optimal.

4. Ganti Bantalan Rem

Selain memperhatikan volume minyak rem, penting juga untuk memeriksa kondisi bantalan rem. Ingat, rem pada mobil matic memiliki beban kerja yang cukup berat. Gantilah bantalan rem jika dirasa performa rem berkurang atau tidak bisa menghasilkan daya rem yang tinggi. Segera lakukan penggantian bantalan rem untuk mencegah rem kehilangan daya kerja yang optimal.

5. Jaga Kebersihan dan Servis Rutin

Prinsip penting dalam perawatan mobil matic adalah selalu menjaga kondisi kebersihan baik di bodi luar maupun kabin dalam mobil. Hal ini sangat penting demi menjaga kenyamanan pengendara selama menggunakan mobil. Lakukan pembersihan secara rutin apalagi jika mobil tersebut digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Selain menjaga kebersihan, lakukan pula servis rutin untuk mobil Anda. Pastikan mobil menjalani pemeriksaan yang lengkap dan akurat secara berkala. Bawalah mobil untuk diperiksa dan diservis rutin di bengkel yang terpercaya.

Itulah 5 tips perawatan mobil Toyota Agya dengan transmisi otomatis. Perawatan mobil matic sebenarnya tidak sulit bahkan hampir sama seperti mobil tipe transmisi manual. Pastikan untuk rutin melakukan pemeriksaan demi meminimalisir tingkat kerusakan parah pada mobil Anda.

Kategori: , ,

0 komentar:

Posting Komentar