Tips Mencari Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Kamis, Juni 18, 2020
Tips Mencari Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Anak merupakan sebuah anugerah terbesar yang dititipkan oleh Tuhan untuk dijaga, disayangi serta dididik secara sebaik mungkin, salah satu caranya dengan menyekolahkan sampai jenjang tertinggi. Namun, sudah jadi rahasia umum bahwa biaya sekolah itu mahal.

Untuk menghadapi hal tersebut, orang tua perlu mempersiapkan sejak dini. Dan untuk menyiapkan itu, orang tua perlulah mengetahui cara mencari asuransi pendidikan anak terbaik saat ini. 

Apa tips dan caranya ?

Cara Mencari Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Akhir-akhir ini, banyak orang tua mulai melirik serta menggunakan layanan asuransi khusus pendidikan.

Jenis asuransi yang dipandang bisa membantu orang tua mempersiapkan dana pendidikan untuk anak.

Namun, perlu juga diketahui bahwasanya asuransi pendidikan tersebut memiliki beberapa jenis berbeda-beda. Sebagaimana dikutip dari Duwitmu, orang tua haruslah pintar-pintar dalam memilih dengan memperhatikan hal - hal berikut, yaitu: 

1. Tentukan Jumlah Dana Pendidikan

Karena Anda memilih untuk mendaftarkan diri mengasuransikan pendidikan anak, pastilah tujuan utamanya agar kebutuhan serta biaya sekolah si kecil terpenuhi di masa mendatang. Orang tua perlulah menentukan berapa jumlah dana yang dibutuhkan gunakan menyekolahkan tersebut. 

Sebab, dengan paham jumlah dana pendidikan akan sangat berguna sebagai langkah awal sebelum memilih asuransi terbaik untuk anak. Selain itu, pasti tidak diinginkan bila pada saatnya tiba ternyata biaya atau dana yang telah disimpan ternyata kurang. Maka, guna menentukannya sebagai orang tua bijak dapat melakukannya. 

2. Pahami Resiko Asuransi Pendidikan

Setelah mengetahui berapa biaya yang akan dikeluarkan ketika suatu saat anak masuk sekolah, kini orang tua juga perlu memahami risiko-risiko dari asuransi pendidikan sejak awal. Sebab, nanti pasti akan terdapat beberapa pilihan penyedia layanan dengan berbagai produk penawarannya. 

Sehingga, bila sejak awal orang tua mengetahui akan manfaat, maka tidak akan terperosok atau merasa keliru memilih di kemudian hari. Sebagai contoh, Anda memilih produk asuransi berbentuk investasi maka, risiko yang akan diterima pastilah lebih besar daripada asuransi dana pendidikan.

3. Mengenal Produk Secara Detail

Cara memilih asuransi pendidikan anak terbaik selanjutnya ialah, melakukan pengenalan produk dengan lengkap. Hampir seluruh perusahaan penyedia layanan jasa jenis asuransi untuk pendidikan terdapat bermacam pilihan. Ini berarti, akan terdapat pula banyak fitur berbeda di setiap tempatnya. 

Sehingga, orang tua perlulah mengenali secara detail kelebihan serta kekurangan dari masing-masing produk. Setidaknya ada 2 pilihan jenis layanan pendidikan. Pertama Asuransi Unit Link, yang mana mempunyai fungsi investasi juga. Sehingga selain berasuransi Anda juga mendapat manfaat berinvestasi.

Kedua ialah dana Pendidikan Manfaat Pasti, berbeda dengan sebelumnya yang memiliki risiko sangat besar saat berinvestasi. Asuransi ini mempunyai penerimaan uang di kemudian hari dengan jumlah jelas sesuai dengan proposal. Sehingga, di antara dua itu tentunya terdapat hal positif negatif yang bisa dipertimbangkan. 

4. Mengetahui Biaya yang Dikenakan

Adanya asuransi pendidikan, diharapkan mampu memenuhi seluruh kebutuhan bersekolah anak. Sehingga, bisa mengetahui semua biaya tambahan yang dikenakan suatu saat nanti. Karena, terkadang biaya sekolah buah hati kurang atau bahkan tidak cukup dan habis sebelum dipakai.

5. Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Apapun bentuk dan jenis asuransi pendidikan yang orang tua pilih, pastikan seluruh fasilitas atau layanan dari produk tersebut mencukupi dan memenuhi kebutuhan bersekolah anak di masa mendatang. Hal ini akan berhasil bila Anda menyiapkan hitungan penentuan jumlah dana dengan benar. 

Lakukanlah penghitungan dengan hati-hati dan benar, kemudian bandingkan antara asuransi satu dengan lainnya. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui mana yang sangat tepat untuk dipilih dan dijadikan pilihan cara mencari asuransi pendidikan anak terbaik. 

0 komentar:

Posting Komentar