Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Segera Memiliki Rumah setelah Berumah Tangga

Agustus 23, 2019
Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Segera Memiliki Rumah setelah Berumah Tangga

Rumah menjadi salah satu hunian yang banyak diidam-idamkan khususnya bagi pasangan yang baru saja menikah. Properti yang satu ini tentu saja tidak mudah untuk didapatkan karena harganya yang semakin mahal dari tahun ke tahun. Hal tersebut terkadang menjadi beban tersendiri bagi pasangan muda-mudi yang masih memiliki tabungan seadanya untuk bisa memiliki rumah pribadi. Namun, kamu bisa menyiasati dana tambahannya dengan menggunakan layanan pinjaman dana online dan KPR.

Dengan adanya keringanan tersebut, biasanya kamu akan menunda-nunda untuk membeli rumah. Alasannya, kamu memprioritaskan dana atau tabungan yang kamu miliki untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya seperti bayar hutang cicilan kendaraan, membayar kontrakan, modal bisnis, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu saja sah-sah saja selagi uang tabungan digunakan untuk hal-hal yang penting dan bermanfaat.

Namun, jika kamu menunda untuk memiliki rumah dalam jangka waktu yang lama, maka rasa penyesalanlah yang akan datang. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Simak ulasannya berikut ini.

1. Harga rumah yang semakin mahal
Salah satu alasan dimana kamu tidak dianjurkan untuk menunda-nunda memiliki rumah yaitu harganya yang semakin melambung. Kamu bisa melihat harga rumah A tahun kemarin akan berbeda jika dijual tahun ini. Hal tersebut dikarenakan adanya mekanisme pasar yang terus mendorong harga jual, semakin banyak permintaannya, semakin tinggi pula harganya. Selain itu, biaya perpajakan, promosi, perizinan, dan lain-lainnya juga menjadi faktor mengapa harga rumah kini semakin mahal.

Jika kamu menyisihkan sebagian dari penghasilan perbulannya, tentu saja hal tersebut akan memakan waktu selama bertahun-tahun untuk membeli rumah secara cash, apalagi jika gaji kamu masih terbilang pas-pasan. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan layanan KPR atau pinjaman dana online untuk mendapatkan rumah impian. Namun, sebelum menggunakan layanan tersebut, penting untuk memikirkan dampak dan juga resiko yang akan dihadapi kedepannya.

2. Lahan yang semakin terbatas
Di sebagian wilayah Indonesia, lahan hunian kini semakin terbatas. Kamu hanya bisa melihat gedung-gedung tinggi dan juga pusat-pusat perbelanjaan yang tersebar di sepanjang jalan. Semakin terbatas lahan hunian, maka semakin mahal pula harganya karena permintaan tentu saja akan sangat banyak. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu harus bisa mengatur keuangan agar bisa membeli rumah dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

3. Harga material yang mahal
Rumah yang siap huni tentu saja akan lebih praktis. Kamu hanya perlu membayar cicilan dan juga membeli interior-interior rumah sesuai dengan keinginan. Namun, jika kamu menginginkan rumah dengan desain sendiri, maka kamu harus mengumpulkan uang untuk membeli bahan-bahan bangunannya, seperti semen, pintu, jendela, kayu, beton, dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut tentu saja memiliki harga yang tidak murah dan cenderung naik setiap tahunnya.

Oleh karena itu, jika kamu berniat untuk membuat rumah sendiri, segera persiapkan dananya sedini mungkin agar tidak tercekik harga material yang mahal.

4. Usia produktif yang masih panjang
Jika kamu menikah di angka 20 tahunan, maka inilah saatnya untuk kamu bekerja keras mencari pundi-pundi rupiah. Di usia yang masih produktif, kamu masih bisa bekerja untuk menabung membeli rumah. Oleh karena itu, jangan menunggu sampai usia hampir pensiun untuk mendapatkan rumah impian. Usia yang tidak lagi produktif cenderung memiliki fisik yang ‘lemah’ sehingga kamu akan sedikit kerepotan saat bekerja mencari uang.

5. Memiliki keturunan
Setelah menikah, tentu saja pasangan suami istri akan dikaruniai beberapa anak yang tidak mungkin kamu akan tidur bersama mereka selamanya. Anak-anakmu memerlukan ruangan tersendiri sehingga luas rumah pun harus semakin besar. 

Jika kamu mengontrak, tentu saja kamu harus pindah ke kontrakan lain yang lebih besar dan hal tersebut terbilang cukup merepotkan. Berbeda jika kamu sudah memiliki rumah sendiri, kamu cukup memberikan tambahan ruangan untuk mereka. Meskipun sama-sama harus mengeluarkan uang, namun rumah sendiri tentu saja akan lebih leluasa, kan?

Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus memiliki rumah setelah berumah tangga. Jika saat ini kamu belum memiliki rumah, kamu bisa menggunakan layanan pinjaman dana online (https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online) dari Cekaja.com. Kamu bisa memilih beberapa jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan.
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar