Apakah Aman Mengonsumsi Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil? Yuk Simak Deretan Manfaatnya Disini!


Pada masa kehamilan, seorang calon ibu tentunya membutuhkan nutrisi yang ekstra. Hal tersebut bertujuan supaya sang calon buah hati dapat tumbuh kembang di dalam rahim dengan baik. Salah satu nutrisi tersebut bisa didapatkan dari minyak ikan. Namun, apakah aman mengonsumsi minyak ikan untuk ibu hamil? Yuk simak informasi lengkapnya disini!

Sekilas Mengenai Minyak Ikan

Minyak ikan merupakan ekstrak lemak ikan yang dapat berupa cairan maupun kapsul. Tak hanya itu saja, kandungan minyak ikan ini juga dapat anda temukan dan peroleh dari mengkonsumsi makanan ikan secara langsung. Minyak jenis yang satu ini kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang penting dan baik bagi kesehatan tubuh. 

Anda bisa memperoleh kandungan penting tersebut dengan cara mengkonsumsi ikan salmon, tuna, makarel, sturgeon, bluefish, ikan teri, herring, trout, sarden, hingga manhaden. Umumnya, minyak yang berasal dari ikan ini digunakan untuk berbagai kondisi kesehatan. Masalah jantung hingga sistem darah juga dapat dicegah saat mengkonsumsinya secara rutin. 

Bukti ilmiah juga telah mengemukakan bahwa minyak ikan dapat bermanfaat sebagai penurun trigliserida hingga mencegah stroke dan jantung. Meskipun terbukti baik bagi kesehatan, terkadang masih ada yang bertanya tanya  apakah aman mengonsumsi minyak ikan untuk ibu hamil? Jawabannya adalah aman,  karena di dalam minyak ikan terkandung banyak nutrisi yang dibutuhkan bumil. 

Para calon ibu yang sering mengkonsumsi minyak satu ini tentunya akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan perkembangan janinnya. Pasalnya, minyak ikan telah teruji secara klinis dan baik bagi kesehatan termasuk baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Hal tersebut dapat terjadi karena minyak ikan mengandung jenis asam lemak yang sangat dibutuhkan tubuh agar tetap bugar dan fit. 

Beberapa Manfaat Minyak Ikan Untuk Bumil

1. Mendukung Pembentukan Otak dan Sistem Saraf Janin

Manfaat pertama yang bisa didapatkan oleh ibu hamil saat mengkonsumsi minyak ikan yakni dapat mendukung pembentukan otak dan sistem saraf janin. Hal tersebut dapat terjadi karena minyak ikan mengandung kandungan omega 3 dan DHA yang dibutuhkan janin. Mengingat akan hal itu, anda tidak perlu lagi bertanya tanya apakah aman mengonsumsi minyak ikan untuk ibu hamil. 

2. Mengurangi Resiko Asma Pada Anak

Sebuah penelitian kesehatan yang telah dirilis pada New England Journal menunjukkan bahwa minyak ikan terbukti efektif dalam mengurangi resiko asma pada anak. keefektifan untuk dapat mengurangi resiko asma pada anak bisa mencapai sebesar 17 persen. Tak hanya itu saja, mengkonsumsi minyak ikan ini juga dapat meminimalisir resiko alergi rhinitis dan dermatitis atopik. 

3. Mengurangi Resiko Prematur

Manfaat selanjutnya yang dapat diperoleh ibu hamil saat mengkonsumsi minyak ikan adalah dapat mengurangi resiko prematur. Mengkonsumsi  minyak yang berasal dari ikan ini dapat memperlancar aliran darah, sehingga resiko preeklamsia dan eklamsia penyebab prematur dapat dicegah dan diminimalisir. Dengan begitu, sang calon buah hati bisa melalui tahapan tumbuh kembang secara maksimal. 

4. Memaksimalkan Produksi Asi

Bagi anda yang masih bertanya tanya apakah aman mengonsumsi minyak ikan untuk ibu hamil, akan lebih baiknya jika anda memperhatikan manfaat yang satu ini. Pasalnya, kandungan EPA dan DHA yang terkandung dalam minyak ikan dapat membantu untuk menstimulasi proses produksi Asi. Sehingga, akan sangat aman jika dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Itulah deretan informasi mengenai minyak ikan, mulai dari sekilas pengertiannya hingga deretan manfaat yang dimilikinya. Minyak ikan memang terbukti aman untuk dikonsumsi ibu hamil, namun terdapat pula minyak ikan yang terbuat dari organ hati ikan memiliki retinol tinggi dan tidak aman bagi ibu hamil. Oleh karenanya, ibu hamil harus lebih selektif saat ingin mengkonsumsinya. 

Posting Komentar

0 Komentar