4 Aplikasi Belajar Online yang Membantu Mahasiswa Dan Dosen


Perkembangan teknologi yang tidak ada habisnya ini ternyata dapat memabntu anda yang kesulitan dalam menjalankan perkuliahan secara online. Tidak hanya mahasiswa tapi juga para tenaga pendidik juga harus emmutar otak untuk tetap bisa mengajar tanpa ada kendala. Berikut ini akan diulas beberapa teknologi yang bisa anda gunakan untu menyokong kegiatan belajar online dari rumah.

Rekomendasi Aplikasi Terbaik Untuk Pembelajaran Kuliah Secara Daring

1. Aplikasi Moodle 

Perkuliahan yang dilakukan secara online secara tidak langsung mewajibkan pihak-pihak yang bersangkutan seperti mahasiswa, dosen, dan perangkatnya juga harus mahir dalam mengoperasikan media teknologi sebagai pengganti ruang kelas yang biasanya  digunakan saat perkuliahan dilaksanakan secara tatap muka atau luring. 

Aplikasi atau platform yang bisa anda gunakan sebagai pengganti ruang kelas yaitu aplikasi Moodle. Aplikasi ini merupakan media pembelajaran yang bisa anda unduh di laptop atau handphone dan merupakan media belajar yang tidak berbayar. Platform ini juga sangat fleksibel dan mudah untuk diakses sehingga anda tidak akan kesulitan untuk mengoperasikannya.

Pada aplikasi ini memiliki fitur chat yang bisa anda gunakan untuk pembelajaran kuliah online dan memudahkan anda berkomunikasi dengan dosen dan teman mahasiswa yang lain. Dosen juga akan dipermudah untuk memeberikan penugasan dan ujian dengan mode aplikasi atapun website-based. Bagi anda yang pengguna android, aplikasi ini tidak akan memberatkan anda dalam pemakaiannya.

2. Aplikasi Edmodo

Rekomendasi platform media pembelajaran online yang berikutnya adalah Edmodo. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan apliksi Moodle namun yang membedakan di sini yaitu, Edmodo memiliki fitur parent-code. Fitur ini tersedia untuk memberikan fasilitas terhadap orang tua untuk ikut memantau hasil dari pembelajaran anak-anak selama kuliah dari rumah.

Selain itu, Edmodo juga memudahkan para pengajar untuk memberikan tugas , menyusun materi, dan membuat soal ujian hanya dengan melalui platform Edmodo. Tanpa harus banyak mengeluarkan banyak biaya untuk membuat copyan materi serta banyak membeli buku. Hal inilah yang membuat kelebihan tersendiri bagi pelaksaaan kuliah secara daring.

3. Sevima Edlink

Dunia teknologi yang semakin berkembang mengikuti setiap kebutuhan masyarakat membuat banyak platform pembelajaran yang membantu mahasiswa dan tenaga pendidik untuk tetap menjalankan pembelajaran tanpa harus bertatap muka di masa pandemi. Platform yang bisa anda gunakan yaitu Sevima Edlink. Aplikasi ini tidak kalah dalam memberikan fasilitas dalam menjalani kuliah online dari rumah.

Di dalam platform ini anda bisa menggunakan fitur diskusi forum yang menjadi fasilitas unggulan. Kemudian juga anda akan mendapatkan materi yang sudah dipersiapkan dengan baik di dalam plaftrom tersebut. Inilah mengapa aplikasi Edlink menjadi kebanggaan tersediri bagi anak bangsa. Karena dengan munculnya aplikasi ini dapat mempermudah kegiatan belajar anda. 

4. APlikasi Schoology

Rekomendasi platform belajar daring yang berikutnya dalah Schoology. aplikasi Learning Management System ini merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan berbagai fitur yang tidak jauh berbeda dengan Moodle. Para tenaga pendidik bisa dengan mudah menyusun materi, memberikan tugas, serta menyusun soal ujian yang bisa di akses kapan saja oleh mahasiswa.

Selain itu, dosen dapat dengan mudah memantau kegiatan belajar mahasiswanya. Sehingga kegiatan belajar yang hanya dilakukan di dalam rumah pun dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Dosen dapat menjalankan tugas mengajarnya dengan baik dan mahasiswa juga dapat memberoleh ilmu yang lebih luas karena sudah disediakan akses seluas-luasnya.

Itulah tadi rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan saat perkuliahan dilaksanakan secara daring dari rumah. Anda tidak perlu khawatir apabila kesulitan dalam mengakses platform tersebut karena kebanyakan platform tersedia secara gratis dan dapat digunakan dengan mudah. Dosen juga akan menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiaswanya agar pembelajaran terlaksana dengan baik. 

Posting Komentar

0 Komentar