5 Tips Mudah Pola Hidup Sehat yang Perlu Kamu Tahu!

Selasa, Desember 07, 2021

Apakah kamu sudah sadar pentingnya menjalankan pola hidup sehat? Banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana caranya untuk menjaga dirinya tetap sehat, baik secara fisik dan mental. Padahal hidup sehat dan bahagia adalah kunci panjang umur lho.

Pola hidup seseorang umumnya dipengaruhi oleh kebiasaan atau gaya hidup dan aktivitas sehari-hari. Rutinitas yang padat bisa saja berpengaruh terhadap pola makan, waktu tidur, hingga bisa menyebabkan stres. Seiring waktu, kebiasaan ini bisa berdampak terhadap daya tahan tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pola hidup sehat setiap harinya agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Ada beberapa cara sederhana untuk memulai pola hidup sehat, yaitu:

1. Hindari stres

Cara sederhana pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai pola hidup sehat adalah menghindari stres. Macet di jalan, deadline tugas atau kerjaan yang mencekik, keuangan yang tersendat atau mungkin hubungan asmara yang sedang tidak baik bisa menjadi salah satu faktor kamu merasa stres.

Saat Anda merasa stres, semua sistem dalam tubuh Anda akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda. Jika sudah parah bisa berdampak pada masalah kesehatan lho!

Untuk menghindari hal itu cobalah untuk berhenti sejenak dan lakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan untuk sekedar menyegarkan pikiran. Kamu bisa mencoba mendengar lagu kesukaan, berjalan-jalan santai menghirup udara pagi atau membaca buku [1].

2. Menerapkan Pola Hidup sehat dengan Makanan yang Sehat dan Bernutrisi

Menjaga pola makan adalah salah satu langkah awal dalam menerapkan pola hidup sehat karena apa yang kamu makan tentu akan memengaruhi bagaimana tubuh kamu bekerja. Pastikan kalau makanan dalam piring kamu memenuhi prinsip gizi seimbang, yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik [2].

3. Sempatkan olahraga setiap hari

Olahraga tidak harus pergi ke gym dan mengangkat beban yang berat. Kamu bebas melakukan berbagai jenis olahraga yang memang kamu sukai. Bersepeda, berenang atau jalan santai di pagi hari.

Dengan aktif bergerak, tubuh kamu akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat [2].

4. Memenuhi Kebutuhan Hidrasi Setiap Hari

Selain menjaga asupan nutrisi yang seimbang, kebutuhan hidrasi tubuh juga penting untuk diperhatikan. Biasakan minum air mineral setidaknya 2 liter per hari untuk membantu menjaga kebugaran tubuh, menjaga pencernaan lebih baik, hingga menjaga kesehatan kulit. Hidrasi tubuh yang baik memiliki banyak manfaat dalam menjaga kesehatan dari dalam yang akan terpancar dari luar [2].

Pilih air mineral berkualitas seperti VIT yang telah terjamin mutunya selama lebih dari 30 tahun. Air mineral VIT telah melewati uji fisika, kimia, dan mikrobiologi melalui HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) di semua pabriknya untuk memastikan terpenuhinya standar kualitas yang telah ditetapkan. Dapatkan VIT di toko-toko terdekat sekitarmu atau e-commerce favoritmu. Selalu sedia VIT di dalam ukuran botol maupun galon untuk menemani kegiatanmu sehari-hari.

5. Cukup tidur

Usahakan untuk tidak banyak begadang pada malam hari dan kurangi aktivitas yang kurang bermanfaat. Karena, rajin olahraga dan makan makanan yang bernutrisi tinggi akan berakhir sia-sia kalau kamu sendiri tidak cukup tidur [1].

Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per malam. Jadi, pastikan kalau setiap malam kamu tidur setidaknya 7-9 jam, ya!

Tapi ingat, jangan sembarang pilih air minum. Pilih air minum yang baik seperti VIT yang sudah terjamin kualitasnya di Indonesia selama 48 tahun. Air mineral VIT telah mendapatkan sertifikat Halal dan SNI oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, VIT telah melalui proses filtrasi dan pengemasan menggunakan teknologi serta pengawasan mutu yang ketat, memastikan air yang kamu minum sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan.

Untuk memenuhi kebutuhan air minum kamu, minum VIT sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari. Dapatkan VIT di beberapa supermarket, minimarket, dan e-commerce andalan kamu. Dengan harga yang pas di dompet, kamu jadi gak perlu banyak mikir buat sehat!

0 comments:

Posting Komentar