Mengenal Sejarah Daihatsu dari Zaman ke Zaman

Rabu, September 22, 2021
Mengenal Sejarah Daihatsu dari Zaman ke Zaman

Daihatsu merupakan produsen atau pabrikan otomotif tertua di negara Jepang. Daihatsu mulai lahir pada tahun 1907. Sejarah Daihatsu sendiri sangat menarik sekali untuk disimak, terutama sejarah-sejarah tentang tipe kendaraan atau mobil yang pertama kali diproduksi oleh pabrikan tersebut.

Untuk mengenal berbagai varian produk mobil dari Daihatsu, berikut ini kami akan jelaskan sejarahnya. Mulai dari minivan Daihatsu, hingga berbagai varian lainnya.

1. Tipe Hijet S37

Tipe minivan dari Daihatsu yang satu ini adalah mobil dari pabrikan tersebut yang pertama kali datang ke Indonesia. Hijet S37 merupakan jenis kendaraan mobil yang bukan untuk dijual. Mobil ini adalah pemberian dari pemerintah Jepang untuk Indonesia sebagai bantuan penanganan bencana gunung meletus yang terjadi pada tahun 1972.

2. Tipe Hijet S38

Mobil ini pertama kali dijual pada tahun 1973. Hijet S38 adalah mobil minivan pertama yang dijual di Indonesia. S28 sendiri merupakan generasi keempat dari varian Hijet yang juga diberi nama Hijet Tuyul atau Cetol.

Nama dan istilah yang digunakannya tersebut karena mobil ini membulat dan juga berbentuk mungil. Mobil ini juga pertama kali dijual dalam bentuk pick up.

3. Tipe Hijet 55

Mobil Hijet 55 adalah salah satu mobil yang dibuat untuk memenuhi permintaan pasar. Mobil ini dibuat untuk mendorong Daihatsu agar mengeluarkan versi terbaru yang kemudian dikenal dan dipopulerkan pada tahun 1977.

Hijet 55 adalah mobil yang kemunculannya berdampak positif terhadap kebutuhan sarana transportasi masyarakat. Pasalnya, mobil ini sudah mampu mengangkut barang seberat 350 kg.

4. Tipe Hijet 1000 S65

Hijet 1000 S65 merupakan produk selanjutnya yang masuk ke dalam tipe Hijet. Tipe yang satu ini juga mampu meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Mobil tersebut keluar pada tahun 1998 yang sudah menggunakan meins

Produk selanjutnya adalah Hijet 1000 S65, yang meramaikan pasar otomotif Indonesia sekitar tahun 1984. Sesuai dengan namanya, mobil ini adalah minivan pertama Daihatsu yang menggunakan mesin 1.000 cc 3 silinder di tanah air.

Namun, mobil yang satu ini hanya dijual versi pick up saja. Sedangkan untuk yang ingin memiliki varian minivan, maka harus memesan karoseri terlebih dahulu.

Itulah sejarah Daihatsu dan juga beberapa varian mobil klasik yang sangat populer di Indonesia pada masanya.

0 comments:

Posting Komentar