4 Alasan Memilih SMK Pusat Keunggulan

Sabtu, September 04, 2021
4 Alasan Memilih SMK Pusat Keunggulan

SMK Pusat Keunggulan adalah salah satu program yang dimiliki sekolah kejuruan dengan kompetensi keahlian tertentu, guna untuk meningkatkan kualitas serta kinerja yang diperkuat melalui kerjasama dan penyesuaian terhadap dunia usaha. Bagi anda yang setelah lulus sekolah ingin langsung bekerja, daftar di SMK bisa dijadikan pilihan. Yuk simak ulasannya disini.

Deretan Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Sekolah Di SMK

1. Setelah Lulus Dapat Langsung Terjun Ke Dunia Kerja 

Bagi anda sekarang sedang berada di bangku SMP kelas sembilan yang sebentar lagi akan lulus, pastinya akan bingung dalam menentukan pilihan untuk lanjut ke sekolah SMA atau SMK. Jika anda yang setelah lulus ingin langsung bekerja, maka masuk ke sekolah kejuruan adalah pilihan yang tepat. Karena dengan bersekolah di SMK anda akan dibekali oleh berbagai keahlian.

Salah satu alasan pentingnya memilih bersekolah di SMK adalah setelah lulus anda akan memiliki kesiapan untuk menghadapi dunia kerja. Hal tersebut dapat terjadi karena semasa sekolah anda akan dibekali dengan berbagai keterampilan kerja. Keterampilan tersebut akan diberikan secara teori hingga praktik.

Selain mengadakan kegiatan praktik di sekolah, saat berada dibangku di SMK pusat keunggulan anda juga akan diberikan kesempatan untuk melakukan praktek kerja lapangan. Program tersebut merupakan kegiatan yang memberikan kesempatan siswanya untuk lebih mengenal dunia kerja. Sehingga, setelah lulus anda tidak kaget dan langsung bisa bekerja. 

2. Dibekali Dengan Ilmu Kewirausahaan 

Alasan penting selanjutnya mengapa harus memilih sekolah kejuruan adalah anda akan dibekali dengan berbagai ilmu kewirausahaan. Saat masuk SMK, ilmu yang didapatkan tidak hanya berkaitan dengan teori dan praktik saja. Melainkan anda akan mendapatkan pembekalan dan ilmu yang berkaitan dengan kewirausahaan. 

Tujuan adanya pembekalan ilmu tersebut, setelah lulus nanti anda diharapkan dapat menciptakan sebuah lapangan kerja sendiri. Dengan begitu, anda bisa membuka usaha yang sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki. Jika memang berminat dan cocok untuk masuk SMK, segera daftarkan diri anda pada PPDB Online 2022 - 2023.

3. Terdapat Pilihan Bidang Keahlian Yang Beragam 

Ketika sudah memiliki tekad yang kuat untuk masuk SMK, anda dapat memilih program bidang keahlian yang anda minati. Karena di sekolah kejuruan program studi yang ditawarkan sangatlah beragam. Umumnya, keahlian yang diberikan akan menyesuaikan dengan kebutuhan industri yang ada disekitar sekolah tersebut.

Contohnya saja, Bali memiliki banyak sekali destinasi wisata dan wisatawan yang berasal dari berbagai daerah hingga negara. Maka dari itu, banyak SMK di Bali yang memiliki jurusan yang berkaitan dengan pariwisata hingga penerbangan. Dengan begitu setelah lulus SMK, para siswa tersebut dapat bekerja dan berkontribusi untuk mengembangkan daerahnya. 

4. Dapat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi

Tak hanya dapat menciptakan lulusan yang siap kerja saja, melainkan siswa SMK juga bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Hal yang satu ini biasanya dilakukan oleh siswa SMK yang masih ingin menguasai dan memperdalam ilmunya. Dengan begitu, ilmu yang didapatkan semasa sekolah SMK akan semakin tajam.

Sehingga saat memasuki dunia kerja anda akan memiliki bekal yang banyak dan lebih siap. Ketika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, anda bisa memilih program keahlian yang saat berada di jenjang SMK. Mengingat akan banyaknya alasan penting untuk masuk SMK, tidak usah ragu lagi saat memilihnya dan segera daftarkan diri anda melalui PPDB Online 2022 - 2023. 

Umumnya, lulusan SMK lebih banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Karena siswa SMK telah memiliki kemampuan kerja yang cukup memadai. Sehingga, murid lulusan sekolah kejuruan tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi di lingkungan perusahaan. Dengan informasi tersebut semoga dapat anda jadikan referensi saat memilih pertimbangan sekolah SMA atau SMK. 

Kategori: ,

0 komentar:

Posting Komentar