5 Tips Mudah Agar IPK Tinggi Saat Kuliah Online

Minggu, Mei 30, 2021
5 Tips Mudah Agar IPK Tinggi Saat Kuliah Online

Menjalani kuliah online tentu akan membuat mahasiswa mengalami berbagai hambatan dalam belajar dan berkomunikasi dengan dosen. Tak jarang, banyak sekali mahasiswa yang akhirnya mendapatkan IP yang kurang memuaskan karena hambatan ini. Untuk mengatasi hal tersebut, inilah tips mudah yang bisa kamu lakukan agar mencapai IP terbaikmu.

5 Tips Mencapai IPK Tinggi Saat Berkuliah Secara Online

1. Persiapan yang Matang

Sebelum melakukan perkuliahan dan pembelajaran, kamu harus mempersiapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan untuk proses ini. Jangan sampai proses perkuliahan terhambat hanya karena jaringan yang tidak stabil, aplikasi yang belum mendukung karena belum diupgrade ke versi terbaru, dan perangkat yang belum disiapkan dengan baik.

Sama halnya saat kuliah tatap muka, sangat baik apabila kamu membersihkan diri, memakai pakaian yang rapi, dan mengisi perut dengan sarapan sebelum kamu memulai kuliah online. Hal ini akan membantumu untuk lebih siap saat akan menerima materi sehingga kamu tak terlihat loyo, lemas, dan berantakan saat sedang on camera di hadapan dosenmu.

2. Aktif di Kelas

Karena tidak dapat bertemu langsung, kamu harus lebih aktif agar dapat menunjukkan dirimu saat sedang kelas. Dengan aktif meeberikan pertanyaan, jawaban, dan masukan tentu akan membuat dosen lebih sering memperhatikan kamu dan bahkan memberikan kesempatan pertama untuk kamu berbicara.

Dengan aktif di kelas, tentu akan menjadi poin lebih bagi kamu karena nantinya kamu akan dianggap memiliki pengetahuan dan pemahaman materi kuliah melebihi teman-temanmu yang lain. Jangan sampai kamu malah mematikan kamera dan ketiduran ya! Tapi ingat, tetap hargai temanmu juga saat mereka juga ingin berbicara dan mengemukakan pendapat. Tunjukan sikap apresiatifmu.

3. Rajin Membaca dan Membuat Resume Materi

Baik saat  online maupun offline membaca dan merangkum materi adalah hal yang akan membantumu agar lebih mengingat dan memahami informasi yang sudah disampaikan oleh dosen saat kuliah. Jangan sampai karena belajar online kamu kamu jadi tidak semangat belajar ya!

Catat poin-poin penting dari materi yang disampaikan dosenmu. Kamu bisa membuat resume dari materi yang beliau berikan. Dengan teknik menulis dan membaca ini akan memudahkan informasi agar bisa masuk dan diingat oleh otak kita. Resume ini juga akan sangat berguna agar belajarmu efektif saat ujian akan dimulai.

4. Kerjakan Tugas Tepat Waktu dan Maksimal

Kamu adalah orang yang tidak bisa memanfaatkan waktu apabila kamu suka menunda-nunda pekerjaan. Padahal waktu itu akan terus berjalan. Dengan mengerjakan tugas tepat waktu, tentu akan memberikan hasil yang berbeda dengan tugas yang kamu kerjakan saat deadlinenya sudah saangat mepet.

Selain tepat waktu, kamu juga harus mengerjakannya dengan maksimal. Jangan hanya copy paste apalagi mencontek teman ya! Buat hasil tugas kamu menjadi semaksimal mungkin agar dosenmu dapat melihat kinerjamu diluar jam kelas. Kamu juga harus memanfaatkan tugas presentasi dengan memberikan tampilan power point yang interaktif dan menarik.

5. Hindari Kebiasaan Titip Absen.

Kebiasaan titip absen sering dilakukan mahasiswa. Terlebih lagi saat proses belajar online seperti saat ini. Mahasiswa terlalu meremehkan kegiatan ini, padahal ini bisa berakibat fatal lho! Bayangkan saja jika dosen memergoki kamu titip absen padahal kamu tidak sedang hadir dalam kelas, tentu kamu dianggap berbohong dan tidak niat mengikuti kuliah.

Absensi juga menjadi poin bagi dosen dalam melakukan penilaian. Tidak menbghadiri terlalu banyak kelas tentu akan membuat kamu tertinggal banyak materi. Jika kamu memang harus berhalangan hadir, jangan lupa untuk izin sesuai dengan prosedur yang berlaku di kampus kamu ya.

Itulah 5 tips yang dapat kamu lakukan agar dapat meraih IPK yang tinggi saat sedang berkuliah. Terlihat sangat sepele, tapi kamu harus konsisten melawan rasa malas untuk bisa melakukannya. Tetap semangat untuk berkuliah dan mempelajari hal baru. Semoga kamu bisa menggapai cita-cita yang kamu impikan!

0 komentar:

Posting Komentar