Mengintip Berbagai Kegiatan Seru Yang Dilakukan Tanoto Foundation

Kamis, Oktober 29, 2020
Mengintip Berbagai Kegiatan Seru Yang Dilakukan Tanoto Foundation

Tanoto Foundation adalah organisasi nonprofit yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto. Organisasi ini berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan taraf hidup masyarakat. Dengan adanya visi misi tersebut, organisasi ini melakukan berbagai kegiatan agar setiap orang dapat mengakses pendidikan yang bermutu dan memutuskan diri dari rantai kemiskinan.

Beberapa Jenis Kegiatan Seru Yang Telah Dilakukan

1. Pelatihan Lingkungan Belajar Anak Usia Dini

Pelatihan yang dilakukan dalam lingkungan ini bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia sejak dini agar dapat menciptakan generasi yang siap sekolah. Pelatihan yang dilakukan dalam lingkungan ini terbagi menjadi 3 program unggulan, yaitu SIGAP, CHaMP, dan HOPE.

SIGAP merupakan salah satu program unggulan yang dilakukan dengan cara melakukan pencegahan stunting dan pengasuhan pada anak usia dini. Kegiatan ini dilakukan dengan cara bekerja sama dengan mitra yang kredibel di tingkat sub nasional, nasional, dan regional untuk memastikan semua anak dapat memiliki akses terhadap pengembangan usia dini yang berkualitas.

CHaMP merupakan program unggulan yang fokus terhadap kesehatan anak usia dini dan kesehatan ibu. Program ini dilakukan di Singapura. Melalui program ini, Tanoto Foundation berupaya untuk menciptakan inovasi terbaik agar masyarakat mengetahui pentingnya menyiapkan generasi siap sekolah secara praktik.

Program HOPE adalah model yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan pengasuhan anak di pedesaan. Program ini memfasilitasi anak-anak berusia 0-3 tahun dengan lingkungan yang aman dan menstimulasi anak dalam melakukan pembelajaran berbasis permainan.

2. Pelatihan Lingkungan Belajar Pendidikan Dasar

Pelatihan yang dilakukan melalui tingkat pendidikan dasar adalah program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran). Program ini berupaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dengan cara bekerja sama dengan sekolah mitra, pemerintah, lembaga pelatihan guru, dan asosiasi penyebaran praktik pembelajaran.

Salah satu kegiatan pelatihan yang dilakukan dalam program ini adalah pelatihan modul II pembelajaran SD di Jambi. Dalam kegiatan ini, guru-guru yang mengikuti pelatihan merasa senang karena fasilitator mengarahkan peserta untuk mengikuti pelatihan secara aktif. Salah satu guru yang mengikuti pelatihan juga menganggap bahwa kegiatan yang dilakukan dapat menginterpretasikan kurikulum 2013.

Organisasi ini juga berupaya meningkatkan budaya membaca pada anak dengan cara bekerja sama dengan sekolah mitra. Kegiatan yang dilakukan bersama mitra sekolah dapat berupa manajemen sekolah dan literasi, menebarkan inspirasi kepada siswa di sekolah pedesaan, dan melakukan lomba karya literasi antar kelas di Sekolah Dasar.

Program-program yang dilakukan dalam kegiatan literasi mendapat respon positif dari siswa. Meski demikian, menciptakan kegiatan literasi tidak dapat dilakukan secara mudah dan instan. Kegiatan ini membutuhkan para teladan yang mahir berinteraksi dengan anak dan mampu menciptakan kegiatan literasi yang menyenangkan.

Berbagai kegiatan menyenangkan memang harus dilakukan agar anak dapat tertarik untuk melakukan kegiatan literasi karena minat membaca masyarakat Indonesia tergolong rendah. Data UNESCO tahun 2011 menyebutkan indeks membaca masyarakat Indonesia sebanyak 0,001%. Untuk itu, meningkatkan kebiasaan membaca perlu dilakukan sedini mungkin.

Berbagai jenis kegiatan yang dilakukan oleh organisasi ini berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya menanamkan kebiasaan literasi sejak kecil. Oleh karena itu, sebagai bangsa Indonesia sudah semestinya kita juga ikut membangun dan mengajak lingkungan kita untuk mengkampanyekan kebiasaan membaca sejak dini.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-
Kategori: ,

0 komentar:

Posting Komentar