4 Manfaat Sehat Mengkonsumsi Madu Hutan Alami

Februari 09, 2020
Madu Hutan Alami

Siapa yang tidak suka dengan madu hutan alami yang lezat? Saya pikir semua orang pasti menyukai makanan ini. Toh, madu bisa dikonsumsi dalam kondisi segar atau dipadukan dengan aneka kuliner lain. Coba saja menikmati es krim yang ditambahkan dengan madu alami! Dijamin citarasa bakal lebih menggoda selera. Saya sih suka semua makanan dan minuman yang terbuat dari olahan madu. Tak hanya nikmat semata, madu menyajikan khasiat yang beragam. Oleh sebab itu, jaga kualitas hutan sumber pangan agar produksi madu hutan alami tetap terjaga. 

Hutan sumber pangan madu alami 

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan tropis terluas di dunia. Jangan heran kalau madu hutan alami bisa Anda temukan di berbagai daerah. Misalnya madu hutan Sumbawa, madu hutan Sumatera sampai madu hutan tawon gung yang terkenal. Biasanya petani madu harus masuk ke hutan belantara untuk mencari sarang madu yang berada di tempat sangat tinggi. 

Madu hutan alami benar-benar diambil langsung dari alam tanpa tambahan bahan pengawet. Tak heran kalau citarasa madu hutan alami jauh lebih nikmat dan berbeda dengan madu di pasaran. Banyak pula oknum yang memalsukan madu hutan alami karena ingin mendapatkan keuntungan lebih banyak. Pengelolaan madu hutan harus diawasi agar ketersediaan pangan dari alam masih terjaga. Jangan merusak habitat asli dan mengambil seluruh madu dari sarang lebah di hutan sumber pangan, ya!

Ragam khasiat konsumsi madu hutan alami 

Bukan tanpa alasan kenapa banyak orang suka konsumsi madu, kandungan menyehatkan pada madu hutan alami sangat banyak, lho! Kandungan antioksidan pada madu sangat tinggi sehingga baik dikonsumsi setiap hari. Kalau Anda belum tahu mengenai manfaat konsumsi madu asli bagi kesehatan dan kecantikan, simak beberapa info singkat berikut ini!

1. Mencegah penyakit diabetes

Konsumsi makanan atau minuman terlalu manis bisa menyebabkan kadar gula dalam darah meninggi. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda mulai menghindari konsumsi gula pasir berlebihan. Anda bisa mengganti gula pasir dengan pemanis alami yaitu madu hutan. Pastikan tidak ada tambahan pengawet dan pemanis buatan agar madu bisa bermanfaat mencegah penyakit diabetes.

2. Bisa menyehatkan organ jantung

Manfaat madu yang dikonsumsi secara rutin bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid dan antioksidan pada madu cukup tinggi. Setidaknya Anda bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah dan terserang penyakit jantung sejak usia muda. 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Sistem kekebalan tubuh manusia berbeda-beda tergantung gaya hidup dan nutrisi yang masuk ke tubuh. Untuk mendukung sistem kekebalan tubuh lebih sempurna, madu hutan alami sangat wajib masuk dalam menu rutin. Pasalnya, madu sanggup melakukan detoks alami tubuh sehingga metabolisme tetap terjaga dengan baik.

4. Mampu menurunkan kolesterol 

Madu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Sebaiknya Anda mulai menghindari makanan kaya lemak jenuh dan mengganti konsumsi harian dengan madu hutan alami. Tak hanya sanggup menurunkan kolesterol, madu bisa mencegah penyakit kanker, melancarkan sistem pencernaan, membantu program diet, dan lain-lain.

Tak hanya bisa memberikan manfaat konsumsi saja, madu juga sering dijadikan sebagai bahan utama kecantikan tubuh. Saya terbiasa menggunakan madu untuk masker atau dicampur dengan susu sebagai lulur alami. Dijamin kulit tubuh dan wajah bakal lebih sehat, lembab dan kinclong. 

Nah, kalau hutan sumber pangan alami telah rusak, siapa yang bisa mengganti produksi madu hutan alami? Meskipun ternak madu bisa dilakukan di rumahan, kualitas madu hutan yang langsung dipanen dari alam jauh lebih baik. Sudah seyogyanya penerus bangsa wajib menjaga kelestarian hutan di Indonesia agar ketersediaan sumber daya pangan tetap terjaga. Bantu Walhi untuk mewujudkan hutan sumber pangan masyarakat Indonesia, yuk!

0 komentar:

Posting Komentar