Hal-Hal yang Berkaitan dengan Luka Bakar

April 01, 2019
Hal-Hal yang Berkaitan dengan Luka Bakar

Terjadinya luka bakar, bisa saja terjadi kepada siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Apalagi Anda yang kesehariannya melakukan aktivitas yang berhubungan dengan api dan sumber panas lainnya, seperti tukang las, petugas listrik, pekerja pabrik, hingga sebagai koki sekalipun. Luka bakar juga terjadi bukan faktor kesengajaan, melain keteledoran saat melakukan pekerjaan. Penyembuhan luka bakar ini cukup sulit, apalagi dilakukan tanpa adanya penanganan yang serius dari pihak dokter. Biasanya juga proses penyembuhan luka bakar ini memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga memerlukan kesabaran bagi si penderitanya. Luka bakar yang sudah sembuh, kemudian terjadi lagi luka yang persis, maka kemungkinan besar luka lama sembuh tidak secepat yang pertama.

Untuk bisa menangani luka bakar dengan cara yang tepat, sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal ini dulu:

1. Penyebab luka

Anda harus cari tahu dulu, apa penyebab luka bakar tersebut. Apa mungkin karena beberapa penyebab berikut ini?
  • Kimia, misalkan karena tertumpah air aki (zuur) atau soda api
  • Radiasi, misalkan karena terpapar sinar matahari (UV) atau bahan radio aktif
  • Panas (suhu lebih dari 60°C), misalkan karena  uap panas, api, atau benda panas lainnya
  • Listrik, misalkan karena tersengat aliran listrik atau petir
2. Golongan luka bakar

Penting juga mengetahui tingkat kedalaman luka bakar, sehingga bisa lebih tepat dalam melakukan penanganannya. Ada 3 golongan luka bakar, di antaranya adalah:
  • Luka bakar superfisial (tingkat satu)
Golongan pertama ini meliputi kulit lapisan atas saja yang terbakar. Kondisi yang ditimbulkan, yaitu warna luka kemerah-merahan, nyeri, dan kadang juga bengkak.
  • Luka bakar tingkat dua (lebih dalam dari yang pertama)
Bukan saja lapisan epidermis kulit yang terbakar, tetapi merusak juga lapisan bawah kulit. Jenis luka bakar golongan kedua ini paling sakit. Kondisi yang ditimbulkan dengan luka tingkat dua ini adalah munculnya gelembung-gelembung nanah, bengkak, warna luka kemerahan, kulit lembab, dan lapisan teratas kulit rusak.
  • Luka bakar tingkat tiga
Untuk luka bakar tingkat ini, cukup serius bahkan tidak hanya merusak lapisan kulit, melainkan sampai pada tulang dan organ dalam. Kondisi yang ditimbulkannya sudah pasti sangat parah.

Itulah beberapa hal terkait luka bakar yang umum terjadi. Untuk cara merawat luka bakar, Anda bisa simak di artikel kami yang lain.

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar