Cara Mudah Cuci AC secara Mandiri

Maret 30, 2019
Cara Mudah Cuci AC secara Mandiri

Penggunaan Air Conditioning (AC) atau pendingin ruangan sudah tidak asing lagi. Kini AC sudah menjadi barang elektonik yang kita gunakan sehari-hari di rumah. Selain itu, AC juga banyak digunakan di tempat-tempat tertentu seperti di kampus, hotel, restoran, tempat les, rumah sakit, dan masih banyak tempat lainnya. Penggunaan elektronik secara berkala tentunya membutuhkan perawatan dan pembersihan secara khusus. Cuci AC merupakan salah satu cara dalam perawatan AC.

AC jika tidak dirawat secara berkala, maka dapat menyebabkan umur AC tidak bertahan lama dan menjadi polusi udara bagi penghuninya sehingga menyebabkan beberapa jenis penyakit seperti penyakit pernapasan. Hal ini disebabkan karena AC yang kotor mengandung berbagai bakteri dan virus yang kemudian disebarkan kembali ke seluruh ruangan sehingga terhirup oleh kita. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh United State Environment Protection Agency, polusi dalam ruangan bisa 2 hingga 5 kali lebih tinggi dibandingkan polusi yang ada di luar ruangan. Hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Maka dari itu, pembersihan AC sangat dianjurkan secara rutin. 

Jika kita ingin menghemat, cuci AC cukup dapat dilakukan di rumah saja tanpa harus memanggil penyedia jasa layanan. Secara umum, ada dua proses pembersihan AC. Yang pertama, pembersihan secara “skala kecil” yang dikhususkan untuk unit bagian dalam (indoor), misalnya penutup AC dan filter. Yang kedua yaitu pembersihan secara “skala besar” yang mencangkup komponen Indoor (evaporatornya) dan bagian outdoornya.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membersihkan AC meliputi kuas ukuran sedang, sikat gigi yang tidak terpakai, obeng plus dan minus, selang air, gayung, ember, detergen pakaian, dan lakban. Untuk itu, mari kita simak langkah-langkah mencuci AC sendiri secara mudah.

1. Membersihkan AC Bagian Outdoor

a. Pakai kuas untuk mebersihkan debu yang menempel di kisi-kisi pendingin. Lalu pakailah sikat gigi untuk membersihkan tempat yang sempit yang tidak bisa dijangkau oleh kuas. Pada tahap ini, kita tidak perlu menggunakan detergen.
b. Siapkan ember plastic dan detergen lalu isi dengan air.
c. Buka penutup outdoor yang terbuat dari plastic yang dikait oleh dua baut (tergantung merk AC). Ambil gayung, dan isi ember tadi dengan satu perempat air saja berkali kali.
d. Siramkan ke kisi-kisi AC dari sisi depan tanpa perlu melepaskan kipasnya. Siram dari sela-sela kipas ke arah depan dan ke arah kiri. Jangan menyiram ke arah terlalu kanan agar tidak mengenai mesin compressor. Lakukan secara berulang-ulang. Untuk penyiraman terakhir, jangan gunakan detergen agart tidak menimbulkan karat.

2. Membersihkan AC Bagian Indoor

a. Pertama, lepaskan bagian saklar yang terhubung dengan sumber listrik. Kemudian tutup saklar dengan lakban atau sejenisnya, untuk menghindari percikan air masuk ke lubang tersebut.
b. Buka penutup AC, lalu tarik ke atas secara perlahan. 
c. Ambil penutup yang sudah terbuka, lepas kabel/soket yang menghubungkan pengarah angina (swing). Selanjutnya tarik swing ke depan perkahan-lahan.
d. Setelah swing terbuka, bersihkan debu yang menempel dengan kuas. Apabila susah dijangkau oleh kuas, pakailah sikat gigi  tanpa menggunakan air terutama pada bagian Roller Fannya.
e. Tutup control panel/mesin pengontrol memakai plastic atau sejenisnya agar lebih aman ari percikan air.
f. Lalu, siramlah sama seperti yang dilakukan dalam membersihkan AC indoor. Apabila sudah bersih, pasang kembali Swing Fannya lalu penutup luarnya.
g. Tunggulan 2 jam untuk menyalakan AC, semakin lama semakin baik.

Demikianlah tatacara cuci AC yang mudah dan dapat dilakukan sendiri. Namun jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan atau mencuci AC, ada baiknya Anda mencari jasa cuci AC sehingga AC tetap terawat.

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar