Tips agar Anak Tidak Bosan dengan Menu MPASI

Maret 10, 2019
Tips agar Anak Tidak Bosan dengan Menu MPASI

Menu MPASI saat ini sudah semakin mudah untuk dikreasikan. Banyak sekali bahan makanan yang saat ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat MPASI. Tinggal bagaimana kreativitas ibu menghasilkan menu makanan pendampingan ASI yang menarik dan bisa membuat anak bersemangat untuk menghabiskan makanan mereka.

MPASI merupakan menu makanan pendamping ASI yang sangat dibutuhkan oleh bayi setelah menyelesaikan ASI eksklusif. Seperti kita tahu bahwa bayi wajib menerima ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. Selanjutnya, setelah menginjak usia 6 bulan, bayi bisa menerima makanan pendamping untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Menu makanan pendamping ASI saat ini sangat mudah untuk dibuat langsung di rumah. Walaupun sebenarnya ada banyak penjual bubur MPASI, namun tetap saja akan jauh lebih aman jika ibu membuat sendiri MPASI untuk anaknya. Selain lebih higienis juga ibu bisa membuat MPASI dengan bahan-bahan yang disukai oleh anak-anak.

Kreatif Membuat MPASI
Mungkin terdengar mudah, namun sebenarnya memberikan MPASI pada anak tidaklah mudah. Memberikan MPASI bisa disebut sebagai sebuah tantangan tersendiri bagi para ibu di dunia ini. Anda harus membuat MPASI dengan kandungan gizi yang lengkap sehingga proses tumbuh dan kembang anak tidak terganggu.

Tak hanya itu, anda juga harus kreatif membuat MPASI. Anak sangat mudah bosan dengan makanan yang mereka konsumsi. Kalau setiap hari makanannya itu-itu saja maka anak pasti akan merasa bosan. Berikut adalah tips membuat menu MPASI yang seru agar anak tidak merasa bosan :

1. Ganti Bahan Setiap Hari
Jangan menggunakan bahan yang sama setiap hari. Seringkali ibu menggunakan satu bahan berulang-ulang hanya karena anak menyukai bahan makanan tersebut. Lebih baik anda menggunakan beragam sayur atau daging dan memasaknya secara berselang-seling. Dengan begitu, anak pasti tidak bosan dan bisa mengenal aneka jenis bahan makanan.

2. Ubah Kreasi Menu
Ubahlah kreasi menu yang anda sajikan. Setiap ibu pasti memiliki menu andalan saat membuat MPASI. Agar anak tidak merasa bosan, ubahlah metode pengolahan MPASI yang anda lakukan. Selama tekstur makanan masih bisa dicerna dengan baik oleh anak, maka tidak masalah mengubah kreasi menu MPASI setiap hari.

3. Selingi dengan Camilan Sehat
Jangan lupa untuk memberikan selingan berupa camilan sehat kepada anak. Anak mungkin merasa bosan makan MPASI karena tidak ada selingan camilan yang mereka sukai. Oleh karena itu, coba berikan camilan sehat seperti potongan buah kepada anak. Namun ingat, jangan sekali-sekali memberi camilan yang tidak sehat seperti makanan yang berpengawet.

4. Buat dengan Warna yang Menarik
Buatlah MPASI dengan susunan warna yang menarik. Warna juga bisa berpengaruh pada semangat anak untuk makan makanan mereka. Namun ingat, jangan memakai pewarna buatan melainkan pakailah bahan pewarna yang alami dan aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

5. Gunakan Alat Makan yang Menarik
Ternyata alat makan juga bisa berpengaruh pada minat anak untuk memakan makanannya. Anda bisa menyajikan MPASI buatan anda ke dalam mangkuk yang bentuknya bervariasi. Pilih bentuk mangkuk yang paling disukai oleh anak atau pilih alat makan dengan warna yang disukai oleh anak.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat menu MPASI yang tidak membosankan. Jika anda pandai berkreasi, maka anda pasti bisa menghasilkan aneka makanan pendamping ASI yang enak. Dengan begitu anak juga tidak akan merasa bosan bahkan semakin bersemangat untuk menghabiskan makanannya. Selamat mencoba!
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar