Mengulas Manfaat Quinoa untuk Kesehatan Tubuh Kita!

Januari 01, 2019

Mengulas Manfaat Quinoa untuk Kesehatan Tubuh Kita!

Mengulas Beberapa Manfaat Quinoa untuk Kesehatan Tubuh Kita! Quinoa atau kinoa adalah biji-bijian yang telah digunakan selama 7.000 tahun dari daerah pegunungan di Amerika Selatan. Quinoa telah menerima banyak perhatian selama beberapa tahun terakhir, karena quinoa telah menerima banyak manfaat kesehatan. Artikel berikut tentang manfaat quinoa untuk kesehatan.

Kandungan Gizi di Biji Quinoa

Banyak sekali Manfaat Quinoa ini, hal ini tidak lepas dari nilai gizi yang juga banyak. Bisa dilihat dari  kandungan gizi dalam satu cangkir (185 gram) mengandung 8 gram protein, 5 gram protein, 220 kalori, 39 gram, dan 4 gram lemak. Ini juga mengandung mangan, magnesium, fosfor, folat, tembaga, besi, seng, kalium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B6. Quinoa juga mengandung banyak kalsium, vitamin B3, vitamin E, dan asam lemak omega 3.

Manfaat Quinoa untuk Kesehatan

Berikut manfaat Quinoa untuk kesehatan:

1. Kaya protein
Dalam satu cangkir quinoa ini menyediakan sekitar 220 kalori dan 8 gram protein. Quinoa ini memiliki kandungan protein yang setara dengan satu telur atau sekitar satu ons ayam, ikan, atau protein hewani lainnya.

2. Sumber Serat
Salah satu manfaat kesehatan utama quinoa adalah kandungan seratnya. Sebagian besar serat yang terkandung dalam quinoa adalah serat tidak larut, yang merupakan serat yang dibutuhkan untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat.

3. Kesehatan Jantung
Quinoa juga mengandung sekitar 4g lemak per cangkir, dan tidak mengandung lemak trans. Sekitar 25% dari lemak yang ditemukan di quinoa adalah asam oleat, yang merupakan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan 8% adalah asam alfa-linolenat, jenis omega-3.

Asam alfa-linolenat atau asam alfa-linolenat (ALA) telah terbukti mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung. Diet tinggi ALA juga dapat membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah. Draxe menyatakan bahwa asupan lemak seimbang adalah kunci diet sehat.

4. Kaya akan Antioksidan
Quinoa memiliki kandungan tinggi dari jenis antioksidan tertentu yang disebut flavonoid. Satu flavonoid tertentu, yang disebut polifenol memiliki peran penting, kanker, osteoporosis, dan diabetes.

Adakah Manfaat Quinoa Lainnya untuk Kesehatan Tubuh Kita?

5. Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat Quinoa untuk diet. Karena kandungan serat dan protein yang tidak larut cukup tinggi, quinoa dapat membantu meningkatkan rasa kenyang setelah makan. Quinoa juga dapat digunakan sebagai pengganti beras. Karena itu kemampuan mengisi benih seperti biji quinoa dapat membantu Anda mengurangi berat badan dalam jangka panjang.

6. Membantu Mencegah Kanker
Quinoa kaya akan flavonoid, yang merupakan antioksidan nabati yang dapat membantu menyembuhkan dan mencegah berbagai jenis penyakit. Faktanya, quinoa adalah salah satu sumber quercetin alami tertinggi dalam makanan (lebih tinggi dari cranberry). Di mana quercetin telah terbukti mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

7. Mengurangi Risiko Diabetes
Di sebuah studio, konten quercetin tinggi quinoa dapat meningkatkan respons antioksidan, jika dibandingkan dengan biji-bijian serupa lainnya. Para peneliti percaya kandungan antioksidan dari biji, seperti quinoa, dapat membantu meningkatkan insulin secara keseluruhan dan dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

8. Kaya akan Magnesium
Magnesium dapat membantu meringankan pembuluh darah dan dengan demikian dapat meredakan migrain. Manfaat magnesium bagi kesehatan lainnya termasuk pengaturan suhu tubuh, detoksifikasi, produksi energi, dan pembentukan tulang dan gigi yang sehat.

Melalui artikel ini, dapat dilihat bahwa biji quinoa memiliki banyak manfaat, terutama manfaat quinoa untuk kesehatan yang ditambahkan saat ini. Dan demikian pula ulasan ini yang bisa saya sampaikan untuk Anda semuanya tentang manfaat quinoa untuk kesehatan kita ini. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda semuanya. Terima kasih sudah membaca ulasan ini semoga bermanfaat.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar