Bangun Rumah Hemat dengan Cara Ini

Februari 07, 2018
Bangun Rumah Hemat dengan Cara Ini

Pada saat ini, kebanyakan orang memang menginginkan segala sesuatu yang bisa didapatkan dalam waktu yang singkat dan instan. Karena itu, sekarang lebih banyak orang yang memilih rumah yang sudah selesai dibangun di berbagai macam perumahan yang sedang berkembang pada saat ini. Tetapi ada juga sebagian orang yang lebih senang untuk membuat rumah yang akan ditinggalinya itu sesuai dengan seleranya sendiri. Karena itu mereka memilih untuk membangun rumah sendiri di atas tanah yang kosong. Perlu diingat, bahwa perkara membangun rumah bukanlah hal yang sederhana sehingga bisa dikerjakan dengan mudah dan dengan biaya yang murah. Apalagi keadaan saat ini di mana harga kebutuhan yang semakin mahal. Jika dalam membangun rumah tidak memiliki siasat, maka bisa-bisa biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah malah membludak dan ternyata di luar bujet Anda. Karena itu, Anda perlu mengetahui kiat-kiat agar bisa membangun rumah dengan hemat.

Rencanakan dengan Matang

Langkah awal yang perlu dilakukan pertama kali adalah merencanakan pembangunan terlebih dahulu. Buatlah perencanaan dana yang diperlukan, ukuran bangunan yang akan dibangun, dan kapan akan dibangun. Perencanaan ini penting adanya agar pembangunan bisa berlangsung dengan adanya target yang sudah ditetapkan. Sehingga nanti ketika pembangunan tidak ditemukan banyak perubahan pada hal-hal penting tersebut. Misalnya, karena Anda sudah menentukan berapa bujet yang dibutuhkan untuk membangun rumah, maka ketika membangun nanti dan Anda tiba-tiba menginginkan pembangunan di luar rencana dan memerlukan bujet yang besar, hal tersebut bisa terhindar karena Anda sudah menentukan bujet terlebih dahulu. Rencana awal bisa membuat Anda jadi lebih disiplin.

Rumah Minimalis

Tidak hanya terkenal karena desainnya yang simpel dan menarik, tetapi ternyata rumah minimalis juga minim biaya! Banyak pembangunan perumahan yang menggunakan rumah dengan desain minimalis karena tetap terlihat modern walau dengan biaya yang murah. Selain itu, karena sifatnya yang minimalis dan tidak banyak terdapat berbagai perabotan yang rumit, maka juga dapat sekaligus melakukan penghematan. Bahan bangunan yang digunakan pun biasanya cenderung lebih murah sehingga tidak banyak menghabiskan biaya.

Tentukan Bentuk Bangunan

Bentuk dari sebuah bangunan akan berpengaruh terhadap desain dan interior dari sebuah rumah. Tidak hanya itu saja, tetapi juga akan mempengaruhi jumlah biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya. Ternyata, rumah dengan bentuk tertentu akan lebih mudah dan juga murah untuk dibangun. Misalnya saja rumah dengan bentuk kotak atau persegi panjang akan jauh lebih mudah dan murah untuk dibangun dibandingkan dengan rumah dengan beberapa sudut, misalnya segitiga. Selain itu, risiko yang ditanggung ketika membangun rumah dengan bentuk yang tidak biasa juga akan tinggi. Perlu diingat juga, untuk melakukan renovasi perubahan bentuk rumah juga diperlukan biaya yang tidak sedikit pula. 

Ruangan Multifungsi

Salah satu ciri khas yang menjadi identitas dari rumah minimalis adalah dengan adanya ruangan yang memiliki fungsi ganda atau ruangan multifungsi. Tentu saja, tujuan dari dibuatnya hal ini adalah untuk menghemat jumlah ruangan yang perlu dibangun di dalam rumah. Dengan berkurangnya jumlah ruangan di dalam rumah, pastinya biaya dan luas tanah yang dibutuhkan akan jauh lebih kecil. Salah satu contoh yang paling sering dibuat adalah dengan menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga, atau juga penggabungan dapur dan ruang makan. Kedua ruangan tersebut memiliki fungsi yang masih tidak jauh berbeda sehingga masih bisa digabungkan.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar