Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Dibalik Sejarah Penemuan Kereta Api Uap Pertama di Dunia


Kereta api uap pertama di dunia muncul pada tahun 1804 di Inggris. Ini menandakan munculnya kebutuhan manusia terkait pengiriman barang semakin efisiensi. Sekarang ni, kereta api dapat berfungsi sebagai pemindah manusia dari satu titik ke titik lainnya. Caranya dengan pesan atau booking tiket kereta api di Traveloka, terlebih dahulu.  

Mulanya, kereta digerakan oleh tenaga manusia atau kuda. Hal ini terlihat pada kereta gerobak pada abad ke-1. Jalur kereta gerobak ditemukan di dekat situs Asyur, Babilonia, dan Persia. Pada masa itu, jalur kereta gerobak dipakai untuk pos perdagangan dan pengiriman batu ke lokasi konstruksi.

Kerajaan Yunani pun terpincut untuk menggunakan kereta gerobak. Sebagian besar jalur kereta di Yunani sudah usang, terutama pasca keruntuhan kekaisaran Yunani. Pada abad 16, dilakukan pengembangan jalur transportasi tetapi masih memakai tenaga manusia dan kuda.

Rel Kereta Sudah Ada Sebelum Kemunculan Kereta Api

Jauh sebelum kereta api muncul, jalur rel kereta sudah eksis dari dahulu lho. Rel kereta pertama yang ada di dunia terbuat dari kayu dan digunakan untuk menarik gerobak. Saat itu, penggunaannya untuk industri tambang pada tahun 1550-an.

Rel kereta logam barulah muncul pada akhir tahun 1760-an. Digunakan dengan memasang besi cor di atas rel kayu. Mulanya rel kereta ada di kawasan pertambangan. Namun, pada tahun 1604 mulai berkembang dengan penggerak kabel. 

Kereta Api Pertama Kali Digunakan untuk Mengantarkan Air

Berdasarkan centraltrains.co.uk, kereta api uap pertama kali ditemukan oleh Thomas Savery pada tahun 1698. Saat itu, kereta ini difungsikan untuk mengangkut air. Belum dirancang untuk sarana transportasi publik.

James Watt bersama William Murdoch mulai mengembangkan sistem kereta api uap. Mereka menemukan mesin uap self-propelled. Walau berhasil membuat model kerja, namun belum cukup untuk menghasilkan lokomotif skala penuh untuk menarik gerobak.

Barulah pada tahun 1803, Richard Trevithick mulai menemukan kereta api uap. Ia memanfaatkan uap bertekanan tinggi dan membangun lokomotif kereta api uap pertama di dunia. 

Perjalanan lokomotif perdana berlangsung pada tanggal 21 Februari 1804 dengan membawa 5 gerbong, 10 ton besi, dan 70 penumpang. Walaupun berhasil masih ada kekurangan dari desain rancangan Trevithick. 

Insinyur Penemu Kereta Api Bernama Richard Trevithick

Richard Trevithick adalah insinyur kelahiran Illogan, Cornwall Inggris pada tanggal 13 April 1771. Ia menghabiskan masa mudanya di Illogan di distrik penambangan timah Cornwall dan menempuh pendidikan di sekolah setempat. Selama bersekolah, ia terkenal sebagai murid lambat, keras kepala, dan tidak patuh.

Walau Trevithick mengalami kesulitan membaca, namun ia telah menunjukan minat yang besar di bidang keinsinyuran. Kemampuannya dalam penyelesaian masalah di bidang teknik mampu menarik perhatian para insinyur profesional. Dengan begitu, ia mendapatkan pekerjaan pertama sebagai insinyur di tambang bijih Cornish di usia ke 19 tahun,.

Bakat Trevithick mulai terpancar ketika membuat kereta uap pertama, dan dikendarai di atas bukit Camborne, Cornwall pada bulan Desember, tahun 1801. Pada bulan maret, dibantu oleh sepupunya bernama Andrew Vivian, mengeluarkan paten untuk mesin bertekanan tinggi untuk pemakaian stasioner dan lokomotif. 

Ia mulai membangun gerbong kedua pada tahun 1803. Digunakan sepanjang jalan-jalan di London. Dari situ, ia mendirikan lokomotif kereta api uap pertama di Penydarren Ironworks Samuel Homfray di South Wales. 

Dari Tenaga Uap Menjadi Tenaga Diesel dan Listrik

Kereta pin pun mengalami perkembangan dan perlahan mulai bergeser dari tenaga uap menjaga tenaga diesel maupun listrik. 

Kereta listrik lokomotif pertama muncul pada tahun 1837 oleh Robert Davidson, seorang ahli kimia. Lokomotif listrik digerakan dengan memakai baterai. 

Robert Davidson kemudian membuat Galvani, lokomotif kereta listrik yang lebih besar. Galvani mampu mengangkat beban sebesar 6 ton dengan kecepatan 6 kilometer per jam dengan jarak 2,4 kilometer. 

Willian Dent Priestman membuat desain pembakaran internal pada kereta api.Tahun 1894, desain William Dent Priestman dibuat menjadi mesin dua poros. 

Selanjutnya, pada tahun 1906 mulai muncul lokomotif diesel lainnya. Hal ini diinisiasi oleh Rudolf Diesel, Adolf Klose, dan produsen mesin uap Gebruder Suizer. Dan pada tahun 1912, lokomotif diesel pertama di dunia telah beroperasi di jalur kereta api Winterthur, Swiss. 

Kereta Api Pertama Komersil yang Melayani Penumpang

Stockton and Darlington Railway mulai menjadi perusahaan kereta api pertama yang melayani publik. Dapat dikatakan, disinilah sudah mulai kegiatan booking tiket kereta api

Ide pengembangan ini bermula dari George Stephenson yang ingin membantu ayahnya di pertambangan, Maka, dibuatlah kereta lokomotif uap dengan jalur rel kereta sepanjang 42 kilometer. Jalur tersebut dibangun di antara Darlington dan Stockton, lalu diteruskan menuju Inggris Utara.

Jalur ini mulanya untuk menghubungkan hasil tambang batu bara menuju kapal di pelabuhan, namun dapat berfungsi untuk membawa penumpang. Dengan kecepatan 15 mil mampu membawa 450 orang sekaligus.

Kereta tersebut membawa 28 gerbong yang terdiri dari 21 gerbong penumpang dan 6 gerbong untuk batubara. Untuk menempuh jarak 19 kilometer membutuhkan waktu 2 jam. Sehingga sebagian penumpang duduk di dekat batu bara. 

Itulah sekilas sejarah dari perkembangan kereta api. Menarik sekali, ya? Dari awal yang hanya untuk mengangkut air, juga digunakan sebagai transportasi bagi manusia. Apabila kamu hendak mencoba menggunakan kereta api sebagai akomodasi transportasi, kamu dapat membelinya langsung melalui Traveloka. 

Posting Komentar untuk "Cerita Dibalik Sejarah Penemuan Kereta Api Uap Pertama di Dunia"

banner
banner