Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Produk-Produk yang Dihasilkan Oleh Kelapa, Anda Harus Tahu!

Kenali Produk-Produk yang Dihasilkan Oleh Kelapa, Anda Harus Tahu!

Buah kelapa adalah salah satu kekayaan alam yang masih sangat kurang untuk dikembangkan dengan optimal oleh pihak pertanian di Indonesia. Padahal, kekayaan alam yang satu ini bisa dijadikan berbagai jenis coconut product dengan nilai ekonomi dan daya jual yang cukup tinggi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis di bidang ini. Yuk simak produknya berikut ini!

Beberapa Jenis Produk dari Olahan Buah Kelapa yang Harus Anda Tahu

1. Kopra

Jenis produk pertama yang bisa anda produksi dari buah kelapa adalah kopra. Produk jenis ini dipakai untuk bahan utama pengolahan minyak kelapa melalui proses pengeringan. Adapun beberapa tahapan yang harus anda lakukan untuk dapat membuat kopra tersebut. Tentunya, semua tahapan tersebut tidak boleh anda lewatkan agar bisa menciptakan kopra yang berkualitas.

Tahap pertama, anda harus mengupas sabut kelapanya terlebih dahulu yang kemudian juga perlu dibelah daging kelapanya dan dikeringkan. Anda bisa mengupas sabutnya dengan memakai sebuah alat dari besi linggis. Setelah sudah terkelupas sabutnya, maka anda harus membela kelapanya menjadi dua bagian. 

Jangan lupa untuk menampung air kelapanya untuk bisa dibuat coconut product yang lain. Terakhir, daging dari buah kelapa tersebut harus disimpan dalam waktu beberapa hari. Anda harus mengeringkannya di bawah sinar matahari agar daging kelapanya tidak rusak dan tidak bisa dipakai untuk membuat kopra.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga merupakan salah satu produk olahan dari buah kelapa. Produk yang satu ini juga merupakan jenis olahan terbesar yang dihasilkan di Indonesia ini. Selain itu, ada beberapa jenis metode yang bisa digunakan untuk mengolah minyak kelapa yakni metode ekstraksi minyak melalui solvent, ekspresi, dan juga basah.

3. Kelapa Parut kering

Produk yang diolah dari buah kelapa selanjutnya adalah kelapa parut yang kering. Coconut product jenis ini diperoleh dari daging kelapanya yang diolah secara higienis. Kegunaan dari kelapa parut sendiri adalah sebagai produk makanan. Seperti halnya krim kelapa, toasted coconut, tepung kelapa, coconut chips, dan juga manisan kelapa.

4. Gula Kelapa 

Alternatif lain yang bisa anda lakukan untuk mengolah buah kelapa adalah dengan menjadikannya sebagai produk gula kelapa. Jenis produk yang satu ini dihasilkan dari sebuah proses diversifikasi buah kelapa tersebut. Gula kelapa sendiri memang dihasilkan dari nira kelapanya. Air nira tersebut kemudian harus melalui proses penguapan sehingga bisa menghasilkan gulanya.

Akan tetapi, sangat disayangkan sekali pemakaian air nira untuk bahan gula kelapa masih sangat sedikit di tanah air ini. Perlu anda ketahui bahwa nilai ekspor dari produk yang satu ini cukup tinggi dan juga menjanjikan. Oleh karena itu, anda bisa mencoba untuk memulai bisnis buah kelapa yang dijadikan gula ini.

5. Arang Tempurung Kelapa

Tidak hanya produk-produk diatas saja, melainkan buah kelapa juga bisa diolah menjadi coconut briquette charcoal atau yang disebut juga arang kelapa. Arang batok kelapa tersebut merupakan salah satu jenis produk yang paling berpotensi untuk dibuat menjadi bahan yang mempunyai kandungan karbon secara aktif.

Apabila anda ingin mulai berbisnis dalam bidang produk-produk kelapa, maka anda bisa mengunjungi laman berikut ini dgi-coco.com. Pada website tersebut anda akan disuguhkan beberapa produk yang dihasilkan oleh buah kelapa. Anda bisa segera melakukan pemesanan dengan menghubungi kontak yang telah tersedia disana.

Nah, itulah beberapa produk yang bisa anda olah dari buah kelapa. Anda bisa memproduksinya di rumah untuk dijual maupun dipakai sendiri. Jika tidak ingin repot-repot untuk mengolahnya sendiri, maka anda bisa memesannya pada jasa-jasa penyedia produk kelapa tersebut salah satunya DGI. Tertarik dengan bidang usaha ini? 

Posting Komentar untuk "Kenali Produk-Produk yang Dihasilkan Oleh Kelapa, Anda Harus Tahu!"

banner
banner